Berbisnis di Tengah Kota, Aqiqah Online yang Satu Ini Tetap Tampil Syar’i




Sudut Bertuah – Tengah kota Pekanbaru yang hiruk-pikuk. Di antara deru lalu-lalang suara kendaraannya, tumbuh sebuah bisnis baru yang berikhtiar membidik hati kaum urban. Di sebalik deretan ruko yang kental aroma persaingan bisnis, tak menggetarkan sedikit pun pebisnis aqiqah online ini untuk membesarkan usahanya. Hadir dengan merek dagang Kado Aqiqah tumbuh perlahan tapi pasti dengan menjaga prinsip-prinsip syar’i.

Kota Pekanbaru memang mulai merangkak naik kelas menjelma kota metropolitan, bahkan tak pernah ada jedanya dengan sejuta kesibukan. Sekalipun demikian, fitrah dan jati diri anak manusia yang lahir dari rahim yang religius tak akan abai dengan ajaran Nabinya, Muhammad SAW, yakni aqiqah. Bukan bermaksud untuk berlebih-lebihan atau bermewah-mewahan, tapi ia sebagai ungkapan kesyukuran kepada Allah yang maharahman.

Rasa penasaran dengan bisnis yang satu ini, akhirnya sampai juga tim blogger FLP Riau ke kandang Kado Aqiqah. Jasa Aqiqah yang menyediakan kambing dan domba ini ternyata memiliki kandang di tengah kota. Tidak jauh - sekitar 50an meter - dari badan Jalan Soekarno-Hatta, terselip di sebalik deretan ruko yang megah.

Kandang Kambing Kado Aqiqah

Meski konstruksi bangunannya hanya terbuat dari kayu dan bahan sederhana lainnya, siapa sangka tidak sedikit orang yang mempercayakan aqiqah anaknya ke Kado Aqiqah ini. Tim blogger FLP Riau yang berusaha menguak kiprah Kado Aqiqah akhirnya mendapat informasi yang lengkap. Namanya Pak Rois selaku owner usaha jasa aqiqah di Pekanbaru, langsung menyambut kami dengan keramahan yang khas. Ia pun memaparkan panjang lebar kelebihan usaha jasa aqiqah yang sedang dijalankannya itu.  

Salah satu hal yang paling menjadi prinsip utama pebisnis ini ialah bagaimana menjaga agar bisnisnya itu dilakukan dengan tepat secara teknis, dan benar secara syariat. Terutama dalam hal pemotongan biasanya ia sendiri yang akan turun menjagal kambing yang akan diaqiqahkan. Hal inilah yang membuat jasa aqiqahnya banyak didatangi orang. 

“Sebagai praktisi kambing memang harus punya ilmunya. Kita tidak asal menyembelih. Teknik penyembelihan kambing ini akan berpengaruh pada rasa masakannya. Terus di sini kita berusaha agar pengolahan daging kambingnya terbebas dari sesuatu yang kotor. Ada tempat khusus dari pengolahan hingga memasak dagingnya. Nah, itu yang membuat konsumen merasa puas,” kata Rois sambil mengurusi kambing-kambingnya. Sesekali ia mengelus-elus kambing yang sedang rebahan di lantai.

Menurutnya selama ini pembeli terkadang lupa tidak memastikan hal-hal seperti itu. Apalagi aqiqah ini merupakan salah satu bentuk ibadah. Segala tata cara mesti diperhatikan. Sehingga niat yang baik bisa terlaksana dengan baik pula. Sebagai penyedia jasa aqiqah di Pekanbaru dengan paket murah Kado Aqiqah sangat terbuka kepada calon konsumen jika ingin memilih langsung kambingnya di kandang. Hal ini dilakukan agar konsumen merasa lebih nyaman dan tidak dipermainkan.

Beragam paket aqiqah pun coba ditawarkan. Mulai dari paket aqiqah murah yakni 2 juta rupiah hingga paket 5,5 juta. Menu yang bisa dipesan juga beragam. Seperti tongseng, gule kambing, gulai kambing, sate, hingga kambing guling.

Baca Juga: Varian Paket Aqiqah dan Harga.

Salah Satu Sajian Masakan dalam Berbagai Jenis Olahan

Bakal Jadi Wisata Edukatif

Omset dari berbisnis catering aqiqah memang cukup menggiurkan. Dengan jumlah penduduk Pekanbaru yang semakin padat dan terus bertambah setiap tahun, potensi penjualan dalam sebulan bisa tembus 100-an ekor kambing. Meskipun begitu ke depannya pengusaha jasa vatering aqiqah ini tidak melulu menjalankan bisnis saja. Target tahun 2020 kandang Kado Aqiqah ini bisa jadi wisata edukatif untuk kalangan pelajar dan umum. Wahananya bisa jadi mulai dari hewan dan pemeliharaannya sampai pengelolaan kotoran hewan menjadi pupuk organik untuk pertanian.

Selayaknya memang bisnis tidak melulu berbicara tentang omset, tapi juga bentuk keberpihakan kepada lingkungan dan alam, khususnya untuk perhatian kepada pendidikan dan sosial. Semoga niat baik pengusaha ini bisa terwujud di tahun 2020. [at]

--------------------------
Kado Aqiqah (Kambing & Domba)
Gg. Pelita, Labuh Baru Barat, Kec. Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau. HP. 082268696084.

Lokasi:

Posting Komentar

0 Komentar